Hakim PN Bengkalis Kabulkan Gugatan Selamet Riyono atas Sengketa Lahan di Desa Lubuk Gaung

$rows[judul] Keterangan Gambar : Pengacara Kantor Network, Sopian Elharfani SH, Helmi Syafrizal, SH dan Muhammad Gunawan, SH bersama penggugat Selamet Riyono saat di PN Bengkalis

Laporan : Erwin


BENGKALIS – Gugatan kepemilikan tanah di kawasan sengketa tapal batas antara Desa Lubuk Gaung dan Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis atas nama Selamet Riyono selaku penggugat, dikabulkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis.

Sedangkan tergugat pada perkara ini sebanyak 12 orang, yakni Nasipan Rahmat dan kawan - kawan.

Hal itu tertera pada perkara bernomor  44/Pdt.G/2020/PN.Bks, yang mulai disidangkan sejak bulan Desember 2020 lalu, sedangkan sidang putusan dibacakan pada hari Rabu  (08/09/2021) lalu di PN Bngkalis langsung dipimpin oleh hakim Febriano Rahmadi, SH.

Informasi yang dirangkum RiauBerdaulat.com Dalam pokok perkaranya terungkap bahwa para tergugat telah melakukan tindakan melawan hukum, dan majelis hakim juga menyatakan surat kepemilikan penggugat atas nama Selamet Riyono sah menurut hukum dengan segala akibat hukumnya.

Hal yang memperkuat putusan sidang dan pertimbangan majelis hakim bahwa penggugat melalui pengacara dari kantor Hukum SHP legal Network, Sopian Elharfani  SH, Helmi Syafrizal, SH dan Muhammad Gunawan, SH telah mengajukan bukti - bukti yang otentik sebanyak 68 bukti. 

"Alhamdulillah bukti dan saksi dari pihak penggugat sudah dipertimbangkan oleh majlis hakim," kata Muhammad Gunawan, SH salah seorang Tim Pengacara penggugat, Kamis (9/9/2021).

Hal senada disampaikan Sopian Elharfani SH, yang juga tim pengacara penggugat, dia menyebutkan dalam perkara gugatan tersebut, perbuatan melawan hukum tergugat sudah terbukti.

"Karena kami  mendalilkan maka kamilah yang harus membuktikan sesuai asas "actori incumbit probatio", "actori onus probandi". Alhamdulilah usaha menghadirkan bukti dan saksi menjadi pertimbangan majelis hakim," kata Sopian.

Selanjutnya Untuk menindaklanjuti hasil keputusan sidang tersebut, penggugat menurut Helmi Syafrizal SH, MH, tim pengacara akan berkoordinasi dengan penggugat terlebih dahulu, untuk menyiapakan langkah - langkah hukum selanjutnya. 

"Apabila pihak lawan melakukan upaya hukum, tentu harus menunggu keputusan ini berkekuatan hukum tetap. Kita mengapresiasi kepada majelis  hakim yang telah memeriksa dan memutus perkara ini, sesuai dengan fakta - fakta persidangan, sehingga terpenuhinya keadilan bagi pencari keadilan, kususnya bagi Pak Selamet selaku penggugat dalam perkara ini," tutur Helmi Syafrizal.

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)