Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bengkalis Kunjungi Desa Batang Duku
Kades Batang Duku Sapri Memaparkan Misi Visi kepada Tim Penilia Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bengkalis

Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bengkalis Kunjungi Desa Batang Duku

Laporan: Andhika Bugis
 
SUNGAI PAKNING- Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bengkalis Elmizar beserta rombongan mengunjungi Desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu.

Kunjungan tersebut berlangsung di Kantor Desa Batang Duku, Senin (20/04/202).

Didalam sambutannya, Kepala Desa Batang Duku Sapri memaparkan kepada tim penilai lomba tentang apa apa saja yang terkait tentang desa, dan menjelaskan misi visi dengan point pointnya sekaligus baik dari sisi Pembangunan, Pendidikan, dan Perkebunan.

"Kita Pemerintah Desa sangat siap untuk mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten ini, mewakili dari Kecamatan bukit batu. Dan mudah mudahan apa yang sudah kita paparkan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Elmizar selaku tim penilai lomba juga menyampaikan bahwa ada beberapa catatan dari pemaparan yang sudah di jelaskan Kepala Desa yaitu ada Dua Point.

"Upaya peningkatan ekonomi itu yang membuat saya lebih tertarik, kemudian meningkatkan peran lembaga dalam membangun desa," terangnya.

Menurut Elmizar, dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa itu ada 2 azas yang merupakan kekuatan besar bagi desa yang pertama adalah, asas rekognisi yaitu pengakuan atas hak asal usul desa itu sendiri. Kemudian subsidaritas adalah pemberian wewenang kepada Desa beserta keputusan berskala lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Potensi desa itu bukan hanya potensi dalam artian proses alamiah, tetapi bisa saja potensi itu atas buatan atau rekayasa, jika alamiah mungkin Desa itu terkenal dengan pertaniannya dan pariwisatanya. Dan mudah mudahan niat baik pak kades Sapri tercapai," jelasnya.

Selain itu, Sekretaris Camat Bukit Batu (Sekcam) Jundi Mustari juga menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setiap tahunnya pemerintah melaksanakan lomba Desa ini tujuannya tidak lain tidak bukan untuk memotivasi untuk mendorong pembangunan dan perkembangan Desa.

"Diharapkan bisa jadi jasa Mandiri nantinya dan menilai sampai sejauh mana perkembangan perkembangan yang terjadi pada saat ini dan ini. Dan terkait wabah Covid-19 ini hendaklah masyarakat menggunakan masker ketika keluar rumah.