Antisipasi Covid-19, Bumdes Mekar Jaya Pakning Asal, Produksi Hand Sanitizer

Antisipasi Covid-19, Bumdes Mekar Jaya Pakning Asal, Produksi Hand Sanitizer

Laporan: Andhika Bugis
 
SUBGAI PAKNING- Dalam rangka mengantisipasi wabah Covid-19, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis memproduksi hand sanitizer.

"Bumdes Mekar Jaya produksi hand Sanitizer sebanyak 500 botol Spray. Dan nanti kita distribusikan ke PT Pertamina RU II Sungai Pakning dan kemudian disalurkan ke masyarakat," kata Wirda Novitasari Selaku Direktur Bumdes Mekar Jaya kepada Wartawan, Senin (27/04/2020).

Dikesempatan itu, Manager PT Pertamina RU II Sungai Pakning Rudi Hartono menyampaikan pesan melalui Whatshapp bahwa, kegiatan yang dilakukan Bumdes Mekar Jaya merupakan hal yang sangat positif. Sehingga masyarakat merasa terbantu didalam pencegahan wabah virus Covid-19.

"Kepada masyarakat kita ingatkan agar senantiasa patuh himbauan pemerintah untuk tetap jaga jarak. Dan selalu meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, selalu cuci tangan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 ini,"jelasnya.


Sementara itu, lebih lanjut Direktur Bumdesa Mekar Jaya Wirda Novitasari Nasution,S,Pd mengatakan, Pembuatan handsanitizer khususnya Unit Mekar Wangi merupakan salah satu bentuk langkah kecil dan kepedulian besar terhadap wabah covid-19 ini, agar masyarakat tidak panik dengan harga hand sanitizer mendadak naik,"Ungkap Wirda.

"Produk hand sanitizer dengan merek citronella merupakan, produk turunan dari penambahan atsiri dari citronella oil (minyak serai wangi), hasil dari produksi unit mekar wangi. Dan komitmen tinggi dan kuat Bumdesa ingin berkarya dan bermanfaat untuk masyarakat luas, khususnya desa Pakning Asal," terangnya.
 
Selanjutnya, perlu juga kita ketahui bersama, pembuatan hand Sanitizer ini kita bekerjasama dengan Dosen PMIPA FKIP Universitas Riau Dr.Zulfarina,M.Si, yang juga tim relawan Covid-19 universitas Riau sekaligus narasumber pelatihan cara pembuatan hand sanitizer yang bersetandart WHO," papanay lagi.

Hand Sanitizer tersebut merupakan produk yang dibuat oleh Bumdesa yang di pandu di dampingi Dosen Universitas Riau.Pembuatannya dalam bentuk spray yang akan dibagikan oleh Pertamina sebagai bapak pembina bumdesa kita.yang untuk diberikan kepada masyarakat.

"Kami atas nama Bumdes Mekar Jaya mengcapkan terima kasih kepada CSR pertamina RU ll sungai pakning telah memfasilitasi dalam penanyangan secara live proses pembuatan hand sanitizer menurut standar WHO di media sosial bersama narasumber Dr. Zulfarina, M.Si.,"ungkapnya.

Terakhir Ia Wirda juha menyampaikan, Program ini sangat membantu masyarakat sehingga masyarakat bisa mendapatkan ilmu dalam pembuatan Hand sanitizer dengan peralatan dan bahan sederhana.

"Harapan kita bersama, semoga bumdesa mekar jaya semakin bermanfaat bagi masyarakat khusus nya di desa Pakning Asal ini,"pungkas Wirda.

Hadir dalam kegitan pelatihan yakni, kepala Desa jaswir, Direktur Bumdesa Mekar Jaya,Wirda Novita Sari,S.Pd,beserta tim pengurus dan unit unit,mangaer Pertamina Rudi Hartono melalui panggilan watshap,humas pertamina Rahmat Hidayat, bersama rekan rekan proper yang juga Uud sebagai moderator live striming, pendamping ekonomi Ika raja bungsu,pengawas bumdes Pika.